Senin, 24 September 2012

Perangkat Input


1.Keyboard
                Dahulu orang banyak menggunakan mesin ketik,ketika mengetik menggunakan mesin ketik hasilnya dapat dilihat langsung pada kertas . Sekarang terciptalah sebuah keyboard yang diilhami dari sebuah mesin ketik. Keyboard adalah sebuah mesin yang dapat mempermudah pekerjaan,kita bisa melihat hasil pekerjaan kita dilayar monitor dan dapat menghapusnya,kemudian kita dapat meodifikasi dan melakukan perubahan bentuk tulisan .Tanpa keyboard kita tidak akan bisa melakukan pekerjaan dibidang tulis.Keyboard dihubungkan kekomputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard.Ujung kabel dimasukan kedalam port yang terdapat pada CPU komputer.

2. Mouse            
                Paada dasarnya,petunjuk (pointer) yang terkenal dengan sebutan “Mouse”  dapat digerakan kemana saja berdasarkan gerakan bola kecil yang terdapat dalam mouse.Mouse ini berguna sebagai petunjuk atau pemberi arah yang kita mau.Mouse terhubung dengan komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada mouse. Ujung kabel tersebut dimasukan dalam port yang terdapat diCPU komputer. Jenis-Jenis mouse :
1.Mouse Bola
2. Mouse Optikal
3.Mouse Laser
3.  Trackball
   Trackball adalah sebuah alat penunjuk yang berupa sebuah bola yang dapat digerakan kesegala arah yang memiliki alat sensor gerak yang terbilang modern,Dengan menggunakan trackball kita tidak perlu menaikan atau menurunkan layar.

4. Scanner
                Scanner adalah suatu alat yang mirip seperti mesin fotokopi.Kalau mesin fotokopi hasilnya dapat dilihat pada kertas sedagkan scanner hasilnya ditampilkan dilayar monitor dahulu kemudian baru dirubah atau dimodifikasi sehingga tampilanya bagus kemudian dapat disimpan ssebagai file,text,dokumen dan gambar.Berikut ini cara kerja scanner :
1. Penekana tombol mouse dari komputer pengendalian ke mesin scanner.mesin dalam .
   scanner tersebut mengendalikan keunit scanning .
2. Kemudian unit scanning menempatkan proses
3. Nyala lampu scanning menandakan sanning sedang dilakukan.
4. Setelah lampu scanning tidak ada berarti proses selesai, Kita dapat melihat hasil dilayar monitor
5. Apabila hasil atau tampilan teks ingin dirubah kita dapat merubahnya dengan software aplikasi yang ada.

5.Joystick
Joystick adalah alat myang berbentuk tuas yang bergerak kesegala arah.Kerjanya hampir sama seperti mouse,tetapi joystick untuk mengontrol kearah game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar