Minggu, 30 September 2012

Macam-macam Harddisk


Harddisk adalah perangkat keras yang digunakan sebagai media penyimpanan data pada suatu komputer atau laptop,yang terdiri dari piringan magnetis yang keras dan berputar. Kemajuan teknologi yang begitu pesat juga membawa perubahan pada media penyimpanan ini (Harddisk), Perangkat keras ini sangat banyak sekali jenisnya. Disini saya akan membahas sedikit tentang macam-macam Harddisk :
·         ATA (Advanced Technology Attachement)
ATA atau lebih dikenal dengan (IDE Drive: Integrated Drive Electronics) dibuat berdasarkan standar pada tahun 1986 ddengan menggunakan 16 bit pararel dan terus berkembang dengan penambahan kecepataan transfer dan ukuran disk. ATA menggunakan 16 bit paralel digunakan untuk mengontrol peralatan komputer, dan telah dipakai selama 18 tahun lebih. Berfungsi untuk tempat untuk menghubungkan piranti penyimpanan seperti harddisk. Standar ATA, 200GB Western Digital Model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data dan membutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection.

·         SATA (Serial Advanced Technology Attachment)
SATA adalah versi terbaru dari kakak tertuanya yaitu ATA. SATA memiliki harga yang lebih mahal dari ATA, tetapi memiliki keuntungan dibidang connector, tenaga, dan yang paling penting performanya sehingga banyak yang beralih menggunakan SATA.  SATA dengan 15 pin kabel power dengan 250 mV, memerlukan daya yang lebih banyak dibandingkan ATA, kemampuan SATA lebih bagus adalah tercapainya maximum badwith sebesar 150 MB/sec. Keuntungan lain dari SATA dibuat dengan kemampuan Hot-swap sehingga dapat mematikan dan menyalakan tanpa melakukan Shut Down pada komputer.

·         SCSI (Small Computer System Interface)
SCSI merupakan Harddisk yang umum digunakan oleh personal computer server. SCSI memiliki kecepatan yang lebih cepat dan dalam pengolahan data yang memiliki kapasitas yang besar. Pada satu kabel terdapat 15 device yang diinstal denngan panjang 1,5 meter. SCSI memiliki kemampuan berputar antara 10.000 sampai dengan 12.000 rpm.

·         SAS ( Serial Attached Small computer system interface)
SAS merupakan gabungan dari fitur SCSI dengan SATA. SAS menggunakan konektor seperti SATA. SAS adalah teknoloogi transfer data yang digunakan untuk memindahkan data dari dan kemedia penyimpanan pada komputer. SAS memiliki domain dan ID khusus yang dinamakan word wide name yang memiliki sifat unik dan dapat dikenal lewat network/internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar