Senin, 24 September 2012

Perangkat Output



Berikut ini adalah salah satu contoh perangkat Output :
  1. Monitor
Monitor adalah alat yang paling penting karena tanpa adanya monitor kita tidak dapat melihat suatu proses atau program yang disajikan dilayar monitor. Pada dasarnya monitor mempunyai bentuk seperti layar  televisi dan berfungsi untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi pemakai komputer.  

Sekarang ini banyak sekali,jenis-jenis Monitor salah satu contohnya :
1.       Cathode Ray Tube
                Teknologi Tabung Brown (CRT Display) ditemukan pada tahun 1897,akan tetapi teknologi ini baru diadopsi sebagai penerimz siaran televisi pada tahun 1926.akan tetapi teknologi ini masih memiliki kelemahan yaitu semakin besar display yang akan dibuat maka semakin besar pula tabung yang digunakan.
2.       Liquis Crystal Display (LCD) atau Flat Display (FPD)
Monitor jenis ini tidak menggunakan tabung elektro tetapi mengunakan sejenis kristal liquid. Teknologi ini menghasilkan monitor dengan nama Flat Panel Disply dengan layar yang berbentuk pipih.
3.       Plasma Gas Organic Light Emitting Diode (OLED)
Monitor jenis ini menggunakan teknologi CRT dengan LCD.Dengan trknologi yang dihasilkan,dapat membuat layar menyerupai LCD dan sudut pandang yang selebar  CRT.Kontras warna yang dihasilkan juga lebih bagus dari LCD.
  • Cara kerja monitor
Cara kerja monitor adalah Elektron ditembakan dari belakang tabung menuju bagian dalam tabung yang dilapisi elemen yang terbuat dari bagian yang memiliki kemampuan untuk memendarkan cahaya. Sinar elektro tersebut melewati serangkaian magnet kuat yang membelok-belokan sinar menuju bagian-bagian tertentu dari tabung bagian dalam.Begitu sinar tersebut sampai kebagian kaca tabung  TV atau monitor,dia akan menyinari lapisan berpendar,menyebabkan tempat-tempat tertentu untuk berpendar secara temporer.setiap tempat tertentu mewakili pixel tertentu.Dengan mengontrol tegangan,terciptalah teknologi yang mampu mengatur pixel-pixel.Dari pixel-pixel tersebut,dapat dibentuklah gambar.

2. Printer
Tanpa adanya printer kita tidak dapat mencetak hasil kerja kita,ddengan adanya printer kita dapat dipermudah untuk urusan cetak. Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang berfungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainya dari media komputer kemedia kertas.Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi(dot per inch).Semakin tinggi resolusinya maka semakin bagus cetakan yang dihasilkan,Dan sebaliknya jika resolusinya rendah hasil cetakanya akan tidak bagus.
3.   Dot Matriks
Ini  adalah salah satu printer juga tapi berbeda jenis.Dot Matriks adalah salah satu printer yang resolusinya masih sangat rendah.Dot matriks saat ini masih digunakan walaupun kini telah banyak printer-printer yang lebih canggih yang dapat mencetak fotografi level profesional.Selain itu ketika sedang menceta printer jenis ini mengeluarkan suara yang keras serta hasil print yang tidak maksimal.

           4. Laser
Sebagian besar laser printer bentukyan mirip mesin fotocopi.Daya cetak juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualita cetakan juga bagus,sehingga mirip seperti aslinya.Selain itu cetakan cepat kering.Tetapi harga printer ini cukup mahal.
          5. Inkjet
Printer inkjet diperkenalkan tahun 1984. Inkjet printer adalah alat cetak yang menggunakan tinta untuk mencetakdan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus.Kecepatan printer inkjet tidak sama,tergantung pada jenis merek tersebut.Hasil cetakan paada inkjet lebih lama kering dibandingkan dengan laser.

Pada umunya cara kerja sebuah printer adalah sama,yang membedakan hanyalah modelnya. Dibawah ini adalah cara kerja Printer :
  • Cara kerja Printer
Ketika anda ingin mencetak sesuatu yang kita tekan printah “print”. Informasi atau tugas dikirim ke salah satu dari printer RAM.Pencetakan pun dimulai. Sementara pencetakan sedang terjadi,komputer maasih bisa melakukan operasi.Pekerjaan dimasukan kedalam buffer atau daerah khusus dalam RAM dan printer menarik mereka turun dikecepatan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar